Jumat, Januari 09, 2009

File Manager di Blackberry Curve

Sebagai pengguna Blackberry Curve, awalnya bingung juga mau meng-explore file-file yang ada di handset, karena memang tidak ada icon menu untuk itu. Lebih bingung lagi kalau ada User di kantor yang nanya ha..ha..
Sudah tanya sama providernya juga diminta instal third party software seperti Rove. Sudah diinstal tapi kok ya sering bikin handset rewel. Apalagi kalau file nya sudah bejibun kayak handset saya yang isi fotonya bisa ratusan ha..ha..

Finally, ada teman yang sudah explore dan 'menemukan' dimana itu file manager di Curve. Saya sharing nih caranya.

1. Pilih menu Media
2. Click tombol menu
3. Pilih Explore
4. Akan terlihat 2 directory utama yaitu Media Card (external memory di BB Anda yaitu MicroSD sebesar 1GB) dan Device memory (di internal memory BB Anda). Pilih yang akan Anda explore
5. Tekan trackball untuk drill down directory, dan tekan tombol back untuk drill up
6. Anda juga bisa melakukan operasi-operasi standar di File Manager seperti Rename, Delete, Move, Copy, New Folder serta melihat Properties dari sebuah file atau directory. Bahkan Anda bisa menjalankan suatu file dari sini.



Caranya :
- Untuk mengganti nama file letakkan posisi cursor di file yang ingin Anda rename. Click tombol menu dan pilih Rename. Ketikkan nama file yang baru lalu Save.

- Untuk Delete letakkan posisi cursor di nama file/directory yang akan dihapus. Tekan tombol DEL. Anda akan mendapat konfirmasi. Pilih Delete jika Anda jadi menghapus file/directory (ket: untuk directory standar tidak bisa dihapus)

- Untuk Move letakkan cursor di nama file yang akan di-move. Click Menu. Pilih Move. Pilih directory tujuan. Click tombol Menu. Pilih Move Here untuk memindahkan file di current directory, atau jika posisi cursor di sebuah folder dan Anda memilih Move Into maka file akan dipindahkan di dalam directory yang ditunjuk

- Untuk Copy letakkan cursor di nama file yang akan di-copy. Click Menu. Pilih Copy. Pilih directory untuk meng-copy. Clik Menu. Pilih Copy Here untuk meletakkan hasil copy di current directory, atau jika posisi cursor di sebuah folder dan Anda memilih Copy Into maka file akan di-copy di dalam directory yang ditunjuk

- Untuk New folder, pindahkan cursor di posisi dimana folder baru ingin Anda buat. Click tombol Menu. Pilih New Folder. Masukkan nama folder baru. Lalu OK.
- Untuk Properties dari suatu file atau folder, letakkan cursor di posisi file/folder yang akan Anda lihat. Click tombol Menu. Pilih properties. Anda bisa melihat propertiesnya sekarang. Andapun bisa meng-hidden suatu file dengan memberikan centang di Hidden. Lalu close.


3 komentar:

odink mengatakan...

Terima kasih buanyaaaaak mbak buagus sekali infonya sekarang saya bisa bluetoothan ama temen" Hwehehehe...
Visit balik yah di
http://amazinghandphone.blogspot.com N folow ;) THX again :D

Berkah mengatakan...

Ga ada move here pas di directory tujuan (media card).

Anonim mengatakan...

MAKASIH BANYAK AKHIRNYA SAYA TAU JUGA HEHEHEHE