Kamis, Februari 07, 2008

Kalau Lama Belum Punya Anak Jangan Putus Asa


Judulnya kelihatannya usang ya?? Yah tapi begitulah, dan begitulah yang saya alami. Saya tergolong lama tidak punya anak. Bukannya tidak bisa hamil, tapi seringkali keguguran.
Saya menikah tahun 1997. 3 bulan kemudian saya hamil. Alhamdulillah, rasanya senang sekali. Namun kebahagiaan itu tidak berlangsung lama karena baru 3 bulan janin yang saya kandung keluar. Sedih?? Tentu saja. Namun saya tidak putus asa. Mungkin memang belum rezeki kami. Tidak lama kemudian saya hamil lagi.. dan keguguran lagi.. Demikian seterusnya.
Sempat juga sih stres, tapi berkat dukungan suami tercinta kami coba terus. Berbagai dokter sudah kami coba untuk konsultasi, termasuk sudah banyak juga test-test yang dilakukan. Ketemu masalahnya?? Kira-kira demikian. Tapi tidak saya ceritakan di sini ya.. Soalnya mungkin terlalu teknis banget dan istilahnya terlalu kedokteran banget :-).
Intinya kata Pak dokter kemungkinan saya bisa hamil sampai besar dan lahir normal ada, tapi cuma sekitar 30% an probabilitasnya.
Akhirnya dengan doa yang terus kupanjatkan, pada kehamilan ke 7 Alhamdulillah bisa sampai besar. Itupun pada bulan ke 3 sempat bed rest selama 2 minggu soalnya sempat ada pendarahan.
Alhamdulillah.. saat kelahiranpun tiba. Deg-degan rasanya. Tentu saja sebagai calon Ibu was-was dengan kondisi bayi yang dikandung.. Apakah bisa selamat,... Apakah normal???
Dokter yang menangani menyarankan operasi saja karena melihat riwayat dan perjuangan yang berat.
Akhirnya lahir juga anak pertamaku. Seorang laki-laki yang sehat dan ganteng. Alhamdulillah rasanya rasa syukur itu tidak pernah ada habisnya.
Setelah itu suamiku masih ingin anak lagi.. Tentu dong.. Satu kurang katanya. Dan.. tebak pada kehamilan ke berapa itu terjadi?? Kehamilan ke 10 !!! Yah.. yang ke 8,9 aku keguguran lagi.
Setelah ada 2 masih ingin satu lagi :-). Kata suami kita sama-sama 3 bersaudara jadi anak juga harus 3 :-). Akhirnya kami coba lagi. Namun sampai dengan kehamilan ke 13 gagal :(.
Saya tidak tahu apakah Allah masih berkenan. Yang jelas umur saya sudah tidak muda lagi. Sudah 37. Kata orang sudah usia rawan.
Ada yang bilang.. Wah kalau semuanya jadi bisa bikin kesebelasan nih.. sudah dengan wasitnya lagi :-)

7 komentar:

Anonim mengatakan...

bun,saat saya menulis komen disini,saya baru saja keguguran,dan ini sudah ke dua kali nya,padahal udah seneng banget ngeliat hasil test pack nya positif,garis nya 2 tebal..ternyata hanya berlangsung 2hari saja,saya pendarahan lagi,disertai sakit perut mirip orang mo mens..
mohon dukungan dan doa nya bun...

Rini Indrawati mengatakan...

Mbak Dina Lusy,
Saya ikut prihatin dengan keguguran yang terjadi mbak.. Tapi tetap semangat ya mbak.. Jangan putus asa dulu..
Coba ke dokter lagi untuk mencari tahu penyebabnya.. Saya doakan yang ketiga nanti berhasil.. Amin..

Butik Azka mengatakan...

subhanalloh..sampe 10 kali hamil??saya sudah 4 tahun malah blum pernah hamil,belum pernah merasakan kebahagiaan saat melihat hasil tespack yg positif.mens lancar tiap bulan,di USG tdk ada masalah.mungkin Allah blm mempercayakan amanah berat pada kami.insyAllah kami msih tetap usaha dgn rutin berobat herbal,disertai do'a tentunya...

Rini Indrawati mengatakan...

@bunda Butik Azka : sabar ya Bun, dan dibuat ikhlas saja.. Dengan doa moga Allah berkenan memberi amanatnya suatu saat. Yang penting jangan putus asa ya.. Tetap semangat :)

dobleh mengatakan...

bunda, aku udah 7 tahun juga lama belum dikasig ama allah, so aku tetep usaha dg berbagai cara biar bisa dikasih, tp allah blm kasih ijin nich. doakan aku ya biar cepet punya momongan

Rini Indrawati mengatakan...

Bunda Dobleh, Dengan usaha dan doa insyAllah suatu saat nanti Allah akan berkenan mengabulkan. Tetap semangat ya..

adik-rafif mengatakan...

Subhanalloh...
Like this.....
this one of my favourite blog..
keep sharing ya........
regards