Senin, Desember 15, 2008

Pengalaman Beli Makanan Oleh-Oleh Haji

Sedikit cerita soal pengalaman beli makanan oleh-oleh haji. Kebetulan Ibu ngasih job desc aku buat nyiapin itu. Bingung juga nih belinya dimana. Rata-rata teman-teman menganjurkan beli di Ampel. Cuma Ampel yang mana juga gak jelas.

Jadilah hari Sabtu sore lalu itu aku dan my husband keliling-keliling cari-cari. Dengan berbekal tanya tukang parkir :), akhirnya sempat juga kita survey ke salah satu toko yang direferensikan. Pertama ke toko Lawang Agung, di jalan Nyamplungan. Besar sekali toko ini. Kayaknya sih punya orang Arab. Rame banget.. Dalam hati saya sudah bertanya-tanya.. Kalo lihat ramenya sih, mestinya memang di sini tampatnya.

Iseng-iseng tanya harga kacang fistasio. Kacang fistasio ini selalu dijumpai kalau kita ziarah haji.. Warnanya putih, kulitnya keras, kacang di dalamnya juga putih. Rasanya enak.. Ada juga yang menyebut kacang fustuk.

Kata suamiku harganya sekilo bisa 90 ribu (alamak... masak kacang aja segitu harganya :(

Eh, ternyata harganya malah 110rb sekilo. Katanya sih sudah naik.

Wuah.. jadi ingat..biasanya kalo pas ziarah haji ke tetangga atau teman, kacang ini yang biasanya banyak kumakan... Gak tahu kalau harganya mahal ha..ha.. Yang punya rumah mbatin gak ya :)).. Tapi kan haji, harus sabar dong.. Termasuk sabar sama tamu yang habisin kacang fistasionya ha..ha..
Oke balik lagi... Setelah mendengar harga segitu keder juga he..he.. Ya sudahlah.. Mau coba tanya-tanya toko sebelah-sebelahnya.

Tanya lagi tukang parkir, dikasih tahu satu toko lagi yang lokasinya beberapa toko sebelahnya. Tokonya sepi.. Wuah.. Dalam hati sudah mikir.. jangan-jangan lebih mahal.. Bener aja.. Kacang fistasio nya ternyata malah 120rb.

Ah, perlu satu referensi lagi.. Teman mengusulkan ke Ampel langsung.. Ya sudah deh.. kita coba ke Ampel... Ternyata gak banyak yang jual itu. Kalaupun ada yang jual makanan, paling banter kurma. Akhirnya nemu juga yang jual fistasio. Harganya??? Wuih... malah 130rb bo'.. Emang belum ditawar sih.. tapi rasanya males nawar :(

Yah.. akhirnya.. ya sudahlah... balik lagi ke toko pertama, toko Lawang Agung.

Beli fistasio 6kg, lalu beli kismis 4 kg. Kismis ada beberapa harga, mulai 45rb sampai 65rb. Makin mahal ukurannya makin besar dan lebih tidak kering.

Lalu kacang kapur (he..he.. suamiku bilangnya gitu.. habis memang kayak kapur sih.. ini yang paling aku tidak suka), terus kurma 10kg.. Soal kurma ini juga menarik. Ternaya ada sekitar mungkin 10an jenis kurma dengan harga bervariasi tentunya.. Mulai yang paling murah harga 20rb sekilo sampai 90rb sekilo. Memang sih.. yang paling mahal harganya paling enak.. Ngincip boleh lho...

Satu lagi.. coklat.. wow.. kalo ini mah emang enak :).. Coklatnya juga macam-macam. Mulai harga 20rb per box sampai yang 100rb per box... hemm.. yummy :)

1 komentar:

Nita Amelia mengatakan...

Assalamu'alaykum..
Halo kak kami dari Haraj, toko online yang menjual oleh-oleh haji-umroh terlengkap dan termurah. Saat ini kami mengadakan promo GIVE REVIEW AND GET VOUCHER. Silakan kunjungi dan belanja di toko "HARAJ" melalui shopee, bukalapak, tokopedia, dan lazada. Promo ini berlaku dari 7-13 September 2018.
Kunjungi juga https://haraj.id/