Rabu, Juli 16, 2008

Berkemah - Alternatif Hiburan Keluarga

Ini cerita tentang pengalaman berkemah bersama keluarga di Coban Rondo - Batu - Jawa Timur.
Sebetulnya berkemah bukan hal baru bagi saya dan suami. Kalau saya dulu waktu masih anak-anak sering berkemah bersama Pramuka. Kalau suami dengan grup Pecinta Alamnya. Tapi bagi anak-anak, belum pernah merasakan bagaimana sih rasanya berkemah.. Hidup di alam bebas dan kalau malam bisa tidur di bawah bintang :)
Kebetulan di kantor diadakan kemah keluarga yang diadakan setiap tahun. Siapa yang berminat boleh ikut. Sebetulnya ini sudah kali ke 4, tetapi saya baru kali ini ikut karena pertimbangan si Pip yang baru menginjak 3 tahun. Apalagi anak-anak libur sekolah. Karena Rizal sempat opname dan saya serta bapaknya sibuk keluar kota, akhirnya memang acara ini adalah acara yang ditunggu-tunggu.



Berangkat tanggal 12 Juli 2008. Pagi sudah heboh menyiapkan perbekalan.. Maklum karena baru pertama ajak anak-anak jadinya perbekalannya komplit banget. Mulai peralatan masak, lampu, kasur lipat, tikar, makanan sampai baju-baju. Heboh deh :)

Untungnya tempat perkemahannya dekat dengan lokasi parkir. Sangat dekat malah, karena bisa diparkir di belakang tenda :). Jadi mau bawa semobil penuh pun oke aja..
Sampai di sana kira-kira jam 3 tenda sudah siap. Karena banyak yang belum datang jadi leluasa pilih tendanya :). Pilihan saya jatuh ke tenda yang buesar.. Kira-kira bisa untuk 10 orang deh.. Berdiripun di dalamnya masih bisa. Apalagi tendanya bersih dan bagian bawahnya ada lapisannya dan terhubung ke bagian atasnya sehingga dijamin serangga dari luar tidak bisa masuk. Lihat foto-fotonya :)

Lokasi perkemahan karena ini kemah keluarga jadinya tidak gabung dengan bumi perkemahan untuk umum. Lokasinya tersendiri dengan fasilitas kamar mandi yang bersih. Ada 4 kamar mandi (2 kamar mandi, 2 WC), cukup untuk jumlah peserta yang waktu itu sekitar 16 keluarga.
Oh iya, dari panitia kita cuma diminta Rp. 375 ribu per keluarga. Mendapat fasilitas tenda ukuran besar (siap dipakai/tinggal masuk), 4 matras, 4 sleeping bag, penerangan luar, api unggun, makan 2 kali (pagi dan siang), snack dan teh hangat, jagung bakar, outbond kid, kegiatan memerah susu dan petik apel.
Oke punya kan??
Nah, malam hari setelah semua ngumpul kita makan malam bersama. Bekal dari rumah tiap keluarga dikumpulin, lalu dimakan rame-rame.. Asyik deh.. Biar guyub.. Lalu acara api unggun.. Supaya rame dimeriahkan dengan permainan anak-anak.
Kabut mulai turun sejak maghrib (tuh fotonya gak jelas ya :). Awalnya saya pikir akan dingin sekali.. Bahkan Ibuku yang seminggu sebelumnya ke batu katanya tidak kuat dinginnya. Tapi alhamdulillah ternyata tidak sedingin yang dibayangkan. Apalagi tendanya juga oke :), kalau di luar dingin di dalam tenda hangat.. Kalau di luar panas, di dalam tenda tidak terlalu panas.

Setelah acara api unggun semua bisa menikmati jagung bakar bumbu manis atau pedas :)

Next day..
Pagi-pagi setelah sholat subuh rame-rame bikin minuman hangat.. Emm pas deh dengan suasana sekitarnya yang dingin.. Lalu... sarapan pecel.. cocok.. cocok.. dengan lauk tempe dan empal serta rempeyek.. pas untuk sarapan

Habis sarapan semua bersiap untuk memerah sapi.. maksudnya memerah susu sapi he..he.. Lokasinya ada di luar obyek wisata coban rondo. Tapi gak jauh sih..
Wah anak-anak seneng banget bisa memerah. Ini kan pengalaman yang unik bagi anak kota. Semua pada ngantri ngasih makan dan memerah susu. Di tempat itu disuguhi juga susu hangat hasil perahan.
















Setelah itu, kembali ke perkemahan untuk acara outbond. Wah asyik juga bagi anak-anak.. Ada flying fox dan ayunan tali.. Sampe siang gak selesai-selesai :)







Ini Rizal lagi 'koordinasi' dengan timnya. Biasalah.. Rizal selalu pengen jadi pemimpin :)







Naik pohon.. Yah kira-kira10 meter-an sebelum meluncur.











Meluncur :)










Lega setelah sampai bawah :)















Main ayunan tali :)
Habis kemas-kemas barang langsung menuju air terjun Coban Rondo. Hmm air terjun yang segar :).








Than next location adalah petik apel di sebuah kebun apel di Batu.. Wah.. ini lagi.. heboh.. anak-anak seneng banget memetik apel dari pohonnya.. Katanya panen apel :)













2 komentar:

Anonim mengatakan...

[url=http://www.ganar-dinero-ya.com][img]http://www.ganar-dinero-ya.com/ganardinero.jpg[/img][/url]
[b]Queres ganar dinero desde tu casa y buscas informacion[/b]
Hemos encontrado la mejor pagina web en internet de como trabajo casa. Como fue de utilidad a nosotros, tambien les puede ser de interes para ustedes. No son solo formas de ganar dinero con su pagina web, hay todo tipo de metodos para ganar dinero en internet...
[b][url=http://www.ganar-dinero-ya.com][img]http://www.ganar-dinero-ya.com/dinero.jpg[/img][/url]Te recomendamos entrar a [url=http://www.ganar-dinero-ya.com/]Ganar dinero[/url][url=http://www.ganar-dinero-ya.com][img]http://www.ganar-dinero-ya.com/dinero.jpg[/img][/url][/b]

Anonim mengatakan...

salam kenal dan mudah2an sudah kenal ya. Kami dari Tendaku & Mr.Camp "khusus merentalkan tenda-tenda kemping dan alatl-alat camping. Kami dapat menyediakan dalam partai banyak. Perlatan ini dapat digunakan untuk kegiatan outbound dan kegiatan alam terbuka lainnya. Kami ada di bandung dengan nama Tendaku (022) 203 5640 dgn web www.tendaku.net dan kami ada di tapos ciawi bogor dengan nama Mr.Camp 0251 910 8201, 0251 279 5249 dengan website www.mrcamp.net. di web tsb juga terdapat denah kami . oh ya, kami juga mengadakan paket paintball. Thx ya

Arnold