Rabu, Juli 23, 2008

Pesan Yang Diambil Dari Film Kungfu Panda


He..he.. ini sekedar cerita soal nonton bareng keluarga. Kungfu Panda. Yah sebetulnya filmnya sudah agak lama. Karena itu yang menayangkan juga cuma satu gedung bioskop yaitu Cito.
Sebetulnya sih pengennya pas liburan sekolah nontonnya. Tapi karena sempatnya baru hari Minggu lalu ya sudahlah..
Sedikit cerita, si Rizal anak pertamaku itu takut masuk bioskop. Gak tahu kenapa.. Sepertinya dia trauma..
Ceritanya waktu dia masih kecil pernah kami ajak nonton.. Lupa filmnya apa ya.. Yang jelas film yang bisa ditonton anak-anak. Sudah semangat nonton.. Dianya juga mau.. Ajak adik dan istrinya.. Pokoknya rombongan besar deh..
Sudah beli tiket... Pas mau masuk... Wealah.. Lha kok si Rizal ini mogok nggak mau masuk.

Awalnya kami bujuk.. halus.. Masih nggak mau.. Ngambek duduk di bawah.. Masih sabar kami bujuk terus... Finally tetap gak mau :(



Akhirnya kita agak keras.. Dengan kata-kata yang pake marah-marah gitu kita paksa Rizal untuk masuk.. Tetap gak mau.. Malah nangis keras... Iiiihhh malu deh sama pengunjung lain..
Akhirnya.. Ya sudahlah.. Gak jadi nonton semua.. Hangus deh tiketnya..
Nah, dari peristiwa itu akhirnya kami lebih hati-hati.. Setelah sekian tahun (mungkin 4 tahunan kale) baru kemarin itu kami berhasil mengajaknya nonton.
Awalnya sih kita bilang jalan-jalan.. Setelah sampe Cito kita langsung ke 21 :)
Dia sudah gak mau tuh... Aku bilang.. "Ibu mau lihat-lihat aja.. Mungkin ada ding dong di sana", "Kalau Rizal mau masuk aja".
He..he.. Dianya awalnya nggak mau. Saya sih masuk aja.. Dia akhirnya berani ngintip-ngintip dari luar..
Habis itu saya tawari dia popcorn.. Dia mau. he..he.. mulai nih :))
Setelah itu aku ajak dia masuk lihat cara buat popcornnya.. Dia melirik ke tempat tiket.. He..he..
Habis itu kita ajak dia duduk di depan theaternya sambil makan popcorn. Kebetulan Kungfu Panda di theater 5.. Kita di depan theater 1.
Dia ngintip dalam theater.. Lalu bilang "di dalam gelap ya??".. Saya jawab "Iya Mas.. lampunya memang dimatikan.. Tapi layarnya kan terang jadi gak gelap"
Dia ngangguk-ngangguk aja..
Habis itu dia bertanya kapan theater 5 nya dibuka.. He..he.. tanda-tanda nih :))
Kami tanya, "Rizal mau nanton ya??"..
"Iya"
Alhamdulillah... Finally.. he..he.. Langsung aja bapaknya ngantri tiket.. Sayangnya jam terdekat sudah habis.. bis :(.. Ya sudahlah.. Mumpung nyantai kita nonton yang berikutnya aja.. Sambil nunggu bisa makan-makan dulu..
Terus pas nonton dia semangat banget.. Biasalah si Rizal.. Semua pasti dikomentari.. he..he.. sampai-sampai bolak balik kita harus ngasih tahu biar gak rame-rame he..he..
Bagus banget filmnya.. Bercerita soal seekor Panda gendut yang berkeinginan menjadi master kungfu.
Sayangnya orang tuanya malah menyangsikan, bahkan menyuruhnya berjualan mie aja.. Accidently akhirnya dia malah ditunjuk menjadi yang selama ini dia idamkan.
Dengan tubuhnya yang gendut, dia merasa minder dan tidak mampu menjalankan tugasnya.. Bahkan dia ingin melarikan diri.. Gurunyapun menyangsikan kemampuannya.
Tapi akhirnya gurunya tahu apa yang bisa membuat si Panda Po ini semangat yaitu makanan :)
Singkat cerita akhirnya Po ini akhirnya bisa mengalahkan musuhnya dan menyelamatkan desa.
Pesan yang bisa diambil dari cerita kungfu Panda ini menurut saya :
1. Sebagai orang tua, janganlah kita menyangsikan kemampuan anak jika dia punya keinginan.. Doronglah.. Karena pernyataan orang tua yang menyangsikan malah akan menurunkan semangat bahkan menempel di bawah sadar anak bahwa dia tidak mampu
2. Sebagai orang tua atau guru, carilah apa yang membuat anak atau murid kita atau bawahan kita semangat.. Karena tiap pribadi adalah uniqe.. Jadikan hal itu jadi pemicu
3. Kita akan bisa kalau kita yakin bisa melakukannya.. Kemampuan bukan karena ada resep rahasia.. Ada ramuan rahasia.. ada ajian rahasia.. Kitalah yang membuatnya spesial.. Asal yakin kita pasti bisa..




Tidak ada komentar: