Minggu, Februari 03, 2008

Review launching bisnis online ku

Setelah punya pengalaman cari barang dan jualan langsung kali ini aku ingin mencoba bisnis online. Kenapa bisnis online?? Aku pikir bisnis online lebih simpel karena tidak perlu berhadapan langsung dengan pembeli tapi bisa jualan :-). Tinggal pasang di web sudah deh. Apalagi sebagai TDB waktu saya terbatas sekali.

Barang apa yang dijual?? Nah itu pertanyaan penting tersendiri. Maunya yang pernah aku jual secara offline, ada baju, jilbab, maupun baju renang. Tapi setelah ditimbang-timbang daripada tidak fokus lebih baik memilih salah satu saja. Ya sudah akhirnya saya putuskan untuk menjual baju renang saja karena disamping barang sudah tersedia, karena adik saya merupakan distributor besar sekaligus mewujudkan keinginan adik saya untuk lebih luas lagi memasarkan baju renang muslim.

Jadilah saya berkolaborasi dengan adik saya merencanakan bagaimana menjualnya. Akhirnya kami putuskan untuk urusan barang adik saya Fida yang selama ini jadi distributor yang atur, termasuk masalah pengiriman. Saya yang lebih tahu IT bertugas bikin web dan updatenya serta balas email. Sedang adik bungsu saya Hesty urusan jawab telepon, sms serta administrasi (karena dia ini paling tertib untuk urusan itu he..he..). Kenapa dibagi-bagi tugasnya seperti itu?? Yah karena saya ini TDB yang waktunya tidak banyak, adik saya Fida seorang dosen yang walaupun waktunya lebih fleksibel namun proyeknya banyak :). Nah akhirnya kita minta saja si bungsu Hesty yang totally ibu rumah tangga buat bantu. Kita ingin bisnis ini dengan memberikan pelayanan sebaik-baiknya. Wuah.. semangat deh..

Dengan semangat saya mulai belajar bagaimana cara setup di blogger, bagaimana menaikan hit sampai bagaimana untuk mengetahui berapa banyak yang akses ke blog kita.

Setelah otak-atik sekian lama (sudah 6 bulan nggak terasa lho..) akhirnya web nya siap juga. Tinggal urusan yang menyangkut administratif seperti rekening, nomer kontak dan email address..

Akhirnya kami sepakati hari Senin, tanggal 21 Januari 2008 kami mulai. Maka tanggal itu merupakan hari bersejarah dalam sejarah bisnis kami. Untuk memulai kami perkenalkan situs kami ke milis TDA dan Bundainbiz.

Tiap hari kami pantau berapa orang yang akses, dari mana, aksesnya apa saja. Menarik juga rupanya. Ternyata hari pertama sudah ada yang akses dari Kanada, Belanda dan Jerman. Adik-adikku seakan tidak percaya. Saya sendiri juga berpikir dalam hati masak iya sih?? Akhirnya saya cek di counter yang saya pasang dari www.statcounter.com. Sepertinya mereka anggota milis TDA. Memang hebat deh komunitas ini.

Oh iya dalam membuat blog ini saya banyak dibantu oleh artikel-artikel dari teman TDA seperti mas Ipul (ipulanwar.blogspot.com) dan mas Agus Suhanto (suhanto.blogspot.com). Terima kasih banyak ya mas :-)

Nah, hari pertama sudah 34 orang yang akses. Alhamdulillah.. Mudah-mudahan pertanda baik. Hari kedua 38 orang.. Wah.. tambah semangat saya.. Saya kontak adik saya apa sudah ada peminat.. Adik saya jawab belum mbak.. Baru 2 hari.. yang sabar..

He..he.. Iya sih memang baru 2 hari, tapi yang lihat kan sudah banyak. Begitu pikiran saya. Ya sudah, saya perlu tunggu lagi.. Mudah-mudahan banyak yang berminat.

Saya lihat tambah banyak dari luar negeri yang melihat mulai dari Kanada, Malaysia, Jepang, Jerman, Amerika, Qatar, Belanda, Singapura. Dari Indonesia juga cukup banyak menurut saya. Bismillah, semoga kedepan lebih banyak lagi yang akses dan transaksi lancar.. Amin..

Tidak ada komentar: