Sabtu, Maret 08, 2008

Mendorong anak menulis dengan blog


Anak saya Rizal tergolong yang tidak suka menulis. Jangankan bercerita panjang lebar. Menjawab pertanyaan saja sepotong-sepotong. Saya agak bingung juga. Kata gurunya (biasa dipanggil ustadzah karena di sekolah Islam) bilang bahwa si Rizal ini suka bercerita dan seringkali kata-kata yang dipakai 'ajaib' artinya kata-kata yang tidak biasa dipakai anak seusianya. Gak tahulah.. Saya sedang cari tahu kenapanya. Apa mungkin cara komunikasi kami yang tidak dia sukai.

Nah, si Rizal ini suka sekali baca dan saya dorong untuk sering mengamati percobaan-percobaan sederhana.

Karena alasan itu saya buatkan blog buat Rizal supaya dia mau nulis. Lihat di http://diaryrizal.blogspot.com/ . Apalagi ditunjang dia suka komputer. Barangkali aja mau tulis-tulis di sana. Waktu pertama kali dia lihat blognya.. Wuah seneng banget. Apalagi ada fotonya. Dia bilang "wah buk, fotoku ada di internet ya??". He..he.. Beberapa sampel tulisan saya bikin, lalu saya ajak dia menulis dikit-dikit sambil nambah gambar.

Hasilnya?? Memang belum efektif benar sih karena mungkin pada dasarnya dia nggak hobby nulis. Apalagi yang pakai pensil he..he.. Kalau ada PR berkelitnya panjang banget :)

At least, saya sudah berusaha memberi fasilitas dan cara.. Mudah-mudahan semakin bertambah umur dia semakin ada keinginan menulis. Amin.. Yang jelas guru-guru di sekolahnya senang banget Rizal punya blog :)

Tidak ada komentar: