Senin, April 21, 2008

Mengintip harga pesaing

Mengetahui kelebihan dan kekurangan pesaing, tentu adalah hal yang perlu dilakukan. Tentu saja kita juga harus melakukan hal yang sama untuk bisnis kita. Tujuannya untuk mengetahui peta kekuatan kita, sekaligus mengetahui 'opportunity' yang mungkin bisa diambil. Istilah kerennya analisa SWOT :)
Salah satu komponen yang biasanya dilihat adalah masalah harga. Ini penting untuk memposisikan dan merumuskan berapa harga yang pas untuk kita berikan kepada pelanggan kita. Jangan sampai barang kita tidak laku karena harga yang kemahalan dari pesaing di sekitar kita padahal barangnya sama.
Mengintip harga pesaing susah-susah gampang. Bisa saja kita pura-pura ke toko itu dan mencari tahu harga barang-barang di sana. Cuman kalau keseringan bisa mencurigakan kali ya :)
Saya punya pengalaman. Ceritanya saya lagi jalan-jalan di Alun-alun. Seperti biasa di sana banyak dijual barang-barang dengan harga miring. Diantaranya adalah jilbab. Tidak seperti biasanya, jilbab yang dijual saya lihat modelnya beragam. Saya sempatkan untuk mampir dan membeli. Bahannya lumayan, modelnya oke, jahitannya memang yang berbeda dengan jilbab toko. Harganya lumayan murah tuh :). Habis beli dan meninggalkan penjualnya, sambil jalan saya ditanyai oleh ibu-ibu yang menggandeng cucunya. Saya bilang cucunya karena si ibu ini sudah cukup tua sementara anaknya masih kecil. Kalau ternyata anaknya ya gak tahu ya :)
Nah si ibu ini bertanya kepada saya berapa harganya. Semula saya pikir ibu ini adalah salah satu pelanggan yang ingin membeli juga. Biasalah kalau beli barang yang pake tawar menawar gitu pembeli yang sudah deal beli ditanyai sama pelanggan lain harganya. Dengan begitu bisa jadi patokan menawar lagi :). Nah, setelah saya jelaskan berapa harganya Ibu itu mengangguk dan bilang kalau dia juga punya dagangan jilbab, barangkali saya mau lihat-lihat :)... he..he.. ternyata si ibu ini lagi jadi spy tho.. Kirain mau beli juga :))
Adik saya punya pengalaman lain. Dengan pelayanan yang baik kepada pelanggannya membuat pelanggan merasa enjoy bercerita. Pelanggannya sendiri yang bercerita dia beli di si A harganya segini, barangnya begini. Di toko B harganya segini barangnya begini.. He..he. nah.. kalau ini sih gak perlu spy sudah lengkap deh database harga pesaing kita :)

Tidak ada komentar: