Sabtu, April 19, 2008

Oleh-oleh cerita perjalanan Makasar

Minggu lalu kebetulan aku dinas ke Makasar. Di satu sisi ini memuaskan hobby travellingku :). Tapi di sisi lain kasihan juga meninggalkan anak-anak di rumah dalam waktu cukup lama. Aku berangkat hari Senin pagi banget. Pesawat jam 6. Jadinya sebelum subuh harus sudah siap-siap. Habis sholat langsung cabut dari rumah.
Siang itu cerah sekali. Perjalanan dengan pesawat 1 jam 30 menitan. Lebih lama dari perjalanan Surabaya - Jakarta. Untunglah kita berangkat bertiga jadi ada teman ngobrol.
Sampai di bandara kita langsung ke hotel. Beruntung hotelnya bersedia menampung kita yang datang kepagian karena memang ada kamar :). Free lho..
Entah hari itu kenapa hotel-hotel pada penuh. Jadi rombongan nginap sehari di Losari Beach hotel dan pindah keesokan harinya. Gak papa. Lumayanlah, kalau di losari bisa tahu pantainya seperti apa. Bener aja, kamarku menghadap pantai. Asyik Euy :).
Gak pake istirahat-istirahatan langsung tancap, karena mobil dari kantor sudah menunggu. Kami mau ke Pangkep, ke salah satu pabrik semen di sana yaitu Semen Tonasa. Aku pikir perjalanan cuma makan waktu sebentar.. Lha kok 2 jam ya.. Wuih... cepek deh...
Sampai di Semen Tonasa kami sudah disambut teman-teman di sana.. Lalu diajak makan siang.. Weh enak tenan.. baru datang langsung makan :), apalagi belum sarapan :)
Seperti biasa kalau di sana spesial pake ikan :)). Itu kegemaranku :)
Habis makan, ngobrol-ngobrol, sholat thennnnn kerja...kerja....
Hari itu persiapan untuk-besok-besoknya.. Lebih banyak untuk persiapan komputer dan networknya serta planning 2 hari kedepan. Hari beranjak sore tak terasa sudah malam deh.. Akhirnya baru pulang dari kantor jam setengah 9 :(. Hiks.. gak bisa lihat sunset :(

Kekecewaanku sedikit terobati karena tuan rumah ngajak makan ikan bakar :). Asyik juga nih makan ikan bakar asli makasar :). Tuh di foto saat nunggu ikan bakarnya siap..

Pilih-pilih ikan... akhirnya pilihan ke ikan baronang. Di Gresik jarang nih ikan baronang. Paling juga yang ada cuma bawal.

Setelah siap rombongan yang kira-kira selusin langsung menyantap hidangan.. Ada sambal dan lalapan mentimun. Enaklah.. Apalagi buat yang kelaparan :)
Sampe di hotel sudah jam setengah 12 an.. Sebetulnya masih pengen lihat-lihat sekitar karena Losari masih rame walaupun sudah malam, tapi kok ya ngantuk plus capek. Besok mesti pindah hotel dan kerja lagi :(
Next day...

Pagi-pagi teman serombongan ngajak duduk-duduk di pantai memandangi ombak.. Asyik juga tuh.. Tuh fotoku lagi mejeng depan hotel :). Kayaknya losari gak pernah tidur.. Malam sebelum aku tidur masih rame, bangun tidur juga rame :)
Oke habis sarapan langsung tancap lagi ke Pangkep. Sebelumnya checkout dan checkin ke Sahid. Sayangnya di Sahid belum ada kamar jadi ya tas-tas segala macam dibawa deh.
Habis itu.... Perjalanan panjang ke Pangkep. Lumayan juga sebetulnya. Pemandangan khas pedesaan... sawah-sawah hijau... rumah panggung... benar-benar menarik.
Hari itu kami coba selesaikan PR-PR yang ada. Sayangnya banyak yang stagnan. Mentok gak tahu kenapa gak bisa jalan. Udah kayak gitu sebagian yang lain malah jalan-jalan ke Batimurung. Itu lho tempat wisata yang banyak kupu-kupunya. Pengen banget ikut sih kalau gak ingat tugasnya masih banyak. Bisa-bisa sia-sia datang jauh-jauh kalau PRnya gak kelar.
Oh iya waktu siang itu perutku sudah mulai agak gak beres nih.. 2 kali bab agak cair.. Tapi kupikir cuma masuk angin aja.
Hari ini aku bertekat mau lihat sunset :)).. Balik setengah 5... Eh.. gak dapat juga :(((. Ya sudahlah istirahat aja di hotel.. Yang ini hotelnya bagus, cuma jauh dari pantai, dekat dengan mall ratu plasa. Iseng-iseng jalan-jalan ke mall sambil cari makan bareng rombongan lagi. Berhubung perut agak mules jadi cari makan yang hangat-hangat.. Hmm semangkuk bakso pasti enak :). Oh iya 2 orang rombonganku juga sakit perut.. Wueh.. gimana nih orang-orang kok pada sakit??
Malam hari.. Hiks.. bolak-balik ke belakang.. praktis hampir gak tidur deh.. Gak tahu deh sudah berapa kali.. Mungkin kalau ke RS disuruh opname kali. Paginya lemes deh :(. Gak selera makan.. Padahal ini hari terakhir dan mesti bisa.. Kalau gak mesti molor lagi.
Aku yang biasa makan banyak biar sakit juga gak selera makan. Mual gitu lho.. Akhirnya cuma makan omelet sama roti bakar. Aku coba ganti cairan dengan minum oralit tradisional, air+gula+garam :)
Hmmm mendingan habis minum itu.. Mungkin memang benar karena aku kekurangan cairan. Btw teman yang kemarin sakit malah sudah mendingan. Waktu semua mau berangkat eh dianya malah masih pules tidur :))
Oke walaupun waktunya pendek karena berangkatnya telat nunggu si Cha yang bangun kesiangan, alhamdulillah pekerjaan kelar semua. This is out of my expectation. Apalagi kalau melihat perkembangan kemarin yang merambat gitu. Beruntung teman-teman semangat. Sedangkan aku lagi teleer :(. Gimana gak wong ke belakang terus. Akhirnya gak tahan aku minta diantar ke poli biar dapat obat. Alhamdulillah ketemu dokter aja rasanya sudah berkurang sakitnya :)). Dapat obat 4 jenis.. wuah.. baru minum obat mungkin sudah kenyang ya... Habis dari poli minum obat lalu aku coba merebahkan diri di lantai yang dialasi sajadah.. Tidur :)). Mendingan karena aku ternyata bisa tidur nyenyak :). Bangun-bangun sudah selesai semua.. Seperti mimpi ya :))
Akhirnya kami pulang sudah cukup malam. Tapi gak papa.. yang penting pekerjaan kelar. Besok tinggal beli oleh-oleh terus pulang. Gak sempat jalan-jalan nih :(. Kalaupun sempat kayaknya gak bisa juga wong badang loyo. Habis sampai hotel aku langsung tidur sebentar.. nyenyak :)), eh sudah dipanggil-panggil mau cari makan sama rombongan. Ya sudahlah. Kalau gak makan malah tambah sakit ntar.
Pesan dokternya tadi harus makan bubur.. Paling adanya juga di McD, eh buburnya habis lagi :(.
Akhirnya makan nasi sama ayam. Itupun cuma habis separo. Gak papalah.. yang penting sudah berusaha makan.. Hiks.. coba di rumah.. pasti ada yg nyuapin :))
Next day... Lega... Waktunya pulang.... Borong oleh-oleh dulu di toko serba oleh-oleh... dipaket rapi... masuk bagasi :). Oh iya selama di Makasar aku belum merasakan coto sama conro. Kalau conro pernah sih makan di Surabaya, kalo coto belum pernah sama sekali. Akhirnya di bandara Hasanuddin putar-putar cari coto dan dapat :).. he..he.. cuma pengen tahu seperti apa sih.. Mmm kalau di Surabaya itu namanya soto jerohan tapi kuahnya pake santan. Dimakan pake lontong. Bedanya lontongnya gurih.. mungkin ada santannya kali. Lumayanlah.. yang penting tahu rasanya coto Makasar asli :)
Alhamdulillah... finally sampai rumah dengan selamat :)
Btw semula aku pikir sakitku karena gak tahan dengan makanan ikan.. Padahal di Gresik sering lho makan ikan bakar dan... so far so good.. Setelah sampai Gresik akhirnya baru tahu mungkin virusnya sudah dapat dari sini.. Begitu kecapekan langsung deh sakit.. Tahunya?? He..he.. di kantor pada banyak yang sakit diare.. bahkan ada yang opname.. Oalah... apa lagi nih.. Mungkin karena air kali.. atau udara.. Mboh lah.. yang penting semua sudah sehat :))